Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Nomor 19/II Peninjau Kecamatan Bathin II Pelayang Kabupaten Bungo
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Nomor 19/II Peninjau. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran tidak menggunakan metode yang tepat dan juga metode yang digunakan tidak beragam. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu; perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi, dan perencanaan ulang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Nomor 19/II Peninjau yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil observasi menggunakan pendekatan CTL (Contextual teaching and learning) pada pra siklus adalah 5 siswa atau 25%. Pada siklus I terdapat 15 siswa atau 75% dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 18 siswa atau 90%. Berdasarkan hipotesis tindakan yang dilakukan, penggunaan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V materi sehat itu penting di SDN Nomor 19/II Peninjau terbukti dapat diterima.