Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation di Sekolah Dasar Negeri 30/VII Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika Mata Pelajaran Gedung Volume 30/VIII Wirotho Agung 2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan kegiatan penelitian yang terintegrasi dengan terlaksananya proses pembelajaran. Dan dengan menggunakan model penelitian dari kemmis dan taggert penelitian ini dilakukan secara auto in twe eyeles. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II dimana teknik wawancara dilakukan sebelum pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan setelah pembelajaran untuk mengetahui respon siswa dan teknik dokumentasi sebagai sumber data dalam pembelajaran. bentuk foto yang digunakan untuk memperkuat data penelitian hasil penelitian ini bagaimana penerapan pembelajaran investigasi kelompok odl pada mata leon matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN 30/VIII Wirotho Agung pengamatan rata-rata hasil minat belajar siswa pada pra siklus sebesar 30,6% pada kategori akhir pada tahap pertama. Siklus I sebesar 60,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II yang mana penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil yang dialami dan peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 81,1% pada kategori baik. Sehingga pada siklus awal ini mengalami peningkatan hasil minat belajar siswa sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.