Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Proyek pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 110/II Dusun Teluk Kecimbung Kabupaten Bungo

Abstract

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan metode proyek pada materi ilmiyah subtema 4 rencana tumbuh kembang, materi Tumbuh kembang Makhluk Hidup pada siswa kelas III SDN 110/II di Teluk Kecimbung. Kabupaten Bungo. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kammis dan MC Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada siklus kedua, masing-masing terdiri dari 2 x pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Tes, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, berikut adalah hasil belajar siswa pra siklus sebelum penerapan metode proyek nilai rata-rata siswa dengan KKM 53,69% (10,53%) Setelah pembelajaran menggunakan proyek metode terbukti bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 66,31% dengan KKM (57,89%) dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 83,68% dengan KKM (83, 31%).