Model Inside-Outside Cricle dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema berbagai pekerjaan materi IPS tentang jenis-jenis pekerjaan melalui model Inside-Outside Cricle. Yang mana dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa serta rendahnya perhatian siswa dalam memahami pembelajaran IPS.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 2x pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109/II Manggis yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109/II Manggis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif. Hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan model Inside-Outside Cricle pada prasiklus hanya sebesar 30% atau 5 siswa yang tuntas, lalu mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 59% atau 10 siswa yang tuntas, dan pada siklus II sebesar 88% atau 15 siswa yang tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model Inside-Outside Cricle yang telah dilakukan telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 109/II Manggis.