Meningkatkan Moral Anak Dengan Metode Bercerita pada Kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo

Abstract

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, adalah Lembaga yang menitik beratkan pembelajaran yang mengasyikkan. Pembelajaran yang aktif dan interaktif adalah hal yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran,agar dapat mengoptimalkan aspek-aspek perkembangan pada anak. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode bercerita. Metode pembelajaran ini lebih menekankan pada aspek pengembangan moral anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan metode bercerita dapat meningkatkan moral anak usia 5-6 tahun di PAUD Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo dan Bagaimana proses peningkatan moral anak dengan menggunakan metode bercerita PAUD Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo. Tujuan penelitian ini mengetahui tentang proses penerapan metode bercerita pada anak usia dini di PAUD Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo, dan untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan moral anak anak dengan menggunakan metode bercerita di PAUD Dahlia Desa Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo.