Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Ular Tangga Iqro’ pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Darussalam Dusun Tirta Mulya Kabupaten Bungo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui permainan ular tangga iqro pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Darussalam Dusun Tirta Mulya. Kemampuan membaca huruf hijaiyah yang diteliti adalah membaca huruf hijaiyah secara acak dan membedakan huruf hijaiyah yang bentuknya hampir mirip. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah 16 anak usia 5-6 tahun kelompok B yang terdiri dari 9 anak  perempuan dan 7 anak laki-laki. Obyek penelitian adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan permainan ular tangga. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dengan kategori baik sudah mencapai persentase minimal sebesar 75%.