INOVASI MANAJEMEN PENDIDIKAN: PEMIKIRAN, LINGKUNGAN, BUDAYA, DAN PERILAKU (Studi di SMAN Titian Teras Abdurrahman Sayoeti Jambi)

Abstract

  Inovasi pendidikan saat ini masih menjadi topik yang hangay untuk dibicarakan karena berkaitan dengan upaya pemerintah memperbaiki kurikulum pendidikan, Demikian halnya  perkembangan dan kemajuan yang  dicapai oleh SMAN Titian Teras, tidak  lepas dari peran kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah tersebut, SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti adalah salah satu sekolah unggulan Provinsi Jambi yang memiliki ciri khusus sebagai sekolah berasrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana pengambilan data bersumber dari data observasi, interview dan dokumentasi. Tujuan penelitian adalah penulis ingin mengetahui konsep dasar inovasi manajemen dalam pendidikan, inovasi manajemen pendidikan, dan kebijakan kepala sekolah sebagai leadher dalam mengelola pendidikan di SMAN Titian Teras Abdurrahman Sayoeti Jambi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyebaran data dan penarikan kesimpulan. SMAN Titian Teras merupakan lembaga pendidikan menengah pavorit yang ada di Provinsi Jambi. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti yang juga salah satu sekolah unggulan Provinsi Jambi yang memiliki ciri khusus sebagai sekolah berasrama dengan lokasi yang terletak di Jalan Lintas Jambi- Muaro Bulian Km. 21 Kelurahan Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Sebagai salah satu sekolah unggulan yang terdapat di provinsi Jambi, peserta didik di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti mempunyai banyak prestasi baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Bukti nyata ini adalah buah kerja keras dari semua pihak, terutama pada kinerja tenaga pendidikdan kependidikan yang professional serta kesungguhan para siswa untuk belajar dan berkreasi.    Kata Kunci : Inovasi, Manajemen, Perilaku