IMPLEMENTASI KURIKULUM KKNI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Abstract

Era pembangunan berkelanjutan menyebabkan banyak perubahan tidak terkecuali sektor pendidikan. Salah satu tujuan dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu pendidikan berkualitas. Pendidikan yang berkualitas yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang dan pendidikan yang harus dapat mengantisipasi perkembangan pasar kerja dan perkembangan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan. Oleh karena itu inovasi berbagai metoda dan model pendidikan harus juga dikembangkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka kemendiknas merancang dan menetapkan kurikulum yang dikenal dengan nama Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) adalah salah satu fakultas pilot project untuk kurikulum KKNI di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi kurikulum KKNI dengan menggunakan metode  kualitatif. Penelitian ini menghasilkan bahwa KKNI yang dirancang sudah sangat baik dan sesuai dengan ketentuan undang-undang dan learning outcomes yang dirancang sejalan dengan visi dan misi UIN dan FEBI. Dalam implementasinya 88% dari 110 responden mengatakan bahwa KKNI telah dilaksanakaan berjalan dan dengan baik.   Kata kunci: Implementasi, Kurikulum, KKNI.