تأثير استخدام البطاقة في تعليم مهارة القراءة

Abstract

Masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana pengaruh penggunaan kartu pada pembelajaran keterampilan membaca.  Metodologi penelitian adalah penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif  jenis eksperimen yang digunakan adalah metode statistic pengumpulan data dengan tes, dan sumber data yang terdiri dari guru bahasa arab dan siswa. Dan hasil penelitian yang diperoleh penulis adalah bahwa terdapat pengaruh penggunaan kartu terhadap pembelajaran keterampilan membaca, dapat diketahui dari hasil tes pada kelas eksperimental dan kelas kontrol. Penulis menemukan pengucapan  dengan T-test adalah 21,21, dan hasil pada pengucapan kosa kata dengan T-test adalah 9,87, sedangkan hasil pada keseluruhannya dari T-test adalah 17,01. Oleh karena itu penulis menemukan perbedaan antara keterampilan membaca menggunakan kartu dan tanpa menggunakan kartu. Dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu berpengaruh  terhadap pembelajaran kemahiran  membaca. Jadi ada perbedaan antara pembelajaran membaca menggunakan  kartu dan tanpa menggunakan kartu.