Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 Melalui Workshop di SD Negeri 57/II Talang Silungko 2

Abstract

Sekolah Dasar (SD) merupakan lembaga pendidikan dasar pertama yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan guna memberikan dasar terhadap tingkat pendidikan selanjutnya. SekolahDasar merupakan salah satu program pendidikan dasar wajib belajar sembilan tahun yang ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, pengelolaan dan penanganan pendidikan dasar yang memadai demi meningkatkan mutu pendidikan sangat diperlukan.Penelitianinibertujuan agar guru mampu merencanakan pelaksanaan pembelajaran,agar materi disampaikan guru lebihdiserapolehsiswa. Berdasarkan hasil wawancara, rata rata guru di Sekolah Dasar Negeri Nomor 57/II Talang Silungko 2 belum mampu untuk menyusun Perangkat pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik untuk mengatasi masalah tersebut maka Penulis melakukan penelitian pada guru Sekolah Dasar Negeri Nomor 57/II Talang Silungko 2 tersebut dengan judul: Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Workshop di Sekolah Dasar Negeri Nomor 57/II Talang Silungko 2 tahun 2019. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing masing siklus terdiri dari 4 tahab yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dapat disimpulkan bahwa berdasar hasil Penelitian tindakan melalui workshop dilanjutkan dengan pembimbingan dari siklus ke siklus telah terjadi peningkatan kompetensi guru, yaitu pada siklus pertama dengan rata­-rata 60.4, pada siklus kedua menjadi 76.