Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadis Melalui Metode Tahfiz di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ma’arif Muara Bungo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alquran Hadis khususnya dalam menghafal surah-surah pendek yang menjadi target tercapainya kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode tahfizpada mata pelajaran Alquran Hadis materi surah Al-Kafirun di kelas II MI Raudhatul Ma’arif Muara Bungo Tahun Pelajaran 2019/2020.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus.Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa lembar tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa mata pelajaran Alquran Hadis materi Surah Al-Kafirun dengan menggunakan metode Tahfiz pada siswa kelas II MI Raudhatul Ma’arif Muara Bungo.Meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat perubahannya dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Tahfizpada siklus I hanya 15 siswa atau 65% yang mampu mencapai KKM dan pada siklus II setelah dilakukannya perbaikanmeningkat menjadi 23 siswa atau 100% yaitu semua siswa sudah mampu mencapai KKM yang ditentukan sekolah. Dengan demikian disimpulkan bahwa “menggunakan metode tahfiz pada mata pelajaran Alquran Hadis dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ma’arif Muara Bungo tahun 2019”.