Perkembangan Fonologi Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia dini yaitu kemampuan dasar sesuai dengan karakteristik dan tahapan usianya. Penelitian ini meneliti tentang perkembangan fonologi yaitu bagaimana perkembangan anak dalam proses menghasilkan bunyi dalam berbahasa. Penelitian ini difokuskan pada masalah bagaimana perkembangan bunyi vokal dan konsonan pada anak usia 4 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskripstif. Data ini berupa data hasil rekaman yaitu data-data verbal yang selanjutnya dilakukan analisis non-statistik untuk memperoleh gambaran deskriptif tentang perkembangan fonologi, khususnya terhadap perkembangan bunyi vokal dan konsonan pada anak usia 4 tahun. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa data menunjukan perkembangan bunyi vokal dan konsonan pada anak usia 4 tahun sudah dapat diucapkan secara keseluruhan. Namun dengan dimikian, pada perkembangan bunyi vokal pada posisi tertentu anak tidak dapat mengucapkannya, sehingga menghilangkan bunyi tersebut. Sedangkan pada bunyi konsonan pada posisi tertentu terutama pada awal kata anak menggantikannya dengan bunyi konsonan lainnya yang paling dekat dengan bunyi huruf tersebut.