Penggunaan Media Kertas Origami Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 90/II Talang Pantai Kec. Bungo Dani Kab. Muara Bungo

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya kreativitas  siswa dan minimnya penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran Tematik. Hal itu disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode yang konvensional dan hanya berpusat pada guru. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian ini akan diterapkan selama 2 siklus dan akan menerapkan desain penelitian oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi dan perencanaan ulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 90/II Talang Pantai yang berjumlah 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui Media Kertas Origami pada pembelajaran Tematik di kelas 1 SDN 90/II Talang Pantai. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ialah adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada ranah psikomotor. Hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan media gambar pada siklus I menunjukkan ketuntasan siswa mencapai 68% atau 13 siswa yang tuntas, dan pada siklus II menunjukkan ketuntasan mencapai 95% atau 18 siswa yang tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menerpakan Media Kertas Origami dalam proses pembelajaran akan dapat meningkatkan kreativitas siswa pada kelas 1 SDN 90/II Talang Pantai .”