Model Temuan Untuk Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Temuan dalam pembelajaran Kitab Kuning di pesantren untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sehingga mereka dapat menemukan ilmu baru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) dan dilanjutkan dengan eksperimen. Penelitian dilakukan di kelas XI Nurul Iman Jambi. Penelitian ini menggunakan dua kelas paralel, satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Dalam kontrol kelas diterapkan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen diterapkan model Temuan. Hasil dari penelitian ini adalah model temuan dapat lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa daripada model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model temuan dalam pembelajaran Kitab Kuning dapat meningkatkan efektif, keterampilan berpikir kritis sehingga siswa dapat menemukan pengetahuan baru untuk masing-masing studi. Melalui model temua guru terbantu di dalam kelas sehingga pembelajaran berlangsung lebih sistematis diimplementasikan dan signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa.