Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Melalui Metode Scramble
Abstract
Pembelajaran tema benda disekitarku yang masih menggunakan model atau metode yang kurang bervariasi membuat keterampilan berfikir kritis siswa dalam belajar masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan keterampilan berfikir kritis Siswa dengan menerapkan metode scramble pada tema benda disekitarku di Kelas III Sekolah Dasar Negri 30/VIII Wirotho Agung 2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu suatu kegiatan penelitian yang berintegrasi dengan pelakanaan proses pembelajaran. Dan menggunakan model penelitian dari Kemmis and taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklusyeti dengan dua pertemuan setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIISekolah Dasar Negri 30/VIII Wirotho Agung yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasidan dokumentasi. Teknik observas digunakan untuk mengetahui aktifitas pembelajaransiswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II. Dan teknik dokumntasi sebagai sumber data berupa foto yang digunakan untuk memperkuat data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode scramblepada pembelajaran tema benda disekitarku dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswadalam pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar Negri 30/VIII Wiroto Agung. Rata-rata hasil observasi keterampilan berfikir kritis siswa pada pra siklus sebesar 48,48% dalam kategori kurang. Pada siklus I sebesar 65,39%. Dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar81,05% dalam kategori baik. Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil keterampilan berfikir kritis siswa sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil.