Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sekolah yang memiliki program-program yang dapat menunjang keberhasilan dalam membimbing siswanya agar mampu membaca al-Qur’an. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengajaran al-Qur'an yang dapat memberikan jaminan bahwa setiap siswa lulusan sekolah pasti dapat membaca al-Qur'an dengan tartil, yaitu dengan menerapkan metode Ummi. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Ummi di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? 2) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur'an siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca al-Qur'an siswa di MA Ma'arif Puter Kembangbahu? Jenis penelitian ini berupa penelitian korelasional. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan menjadi tiga yaitu penerapan metode Ummi di MA Ma'arif Puter Kembangbahu yang dibuktikan dengan hasil angket menunjukkan nilai sebesar 76,8% dan skor ini tergolong baik, nilai siswa kemampuan membaca Al-Qur'an di MA Ma'arif Puter Kembangbahu yang dibuktikan dengan hasil tes menunjukkan nilai 82,9% dan nilai ini tergolong baik, pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada MA Ma'arif Puter Kembangbahu terdapat pengaruh yang signifikan dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.