Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Tema Aku dan Keluargaku di kelas II Kolonel Abundjani dengan menggunakan model pembelajaran game based learning di Sekolah Dasar Alam Muara Bungo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dengan menggunakan Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis and Taggrat. Penelitian ini dilakukan selama II siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Subjek Penelitian terdiri dari 17 siswa diantaranya 11 Siswa laki-laki dan 6 Siswi Perempuan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I dalam kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dengan kategori baik sekali. (2) aktivitas siswa pada siklus I dalam ketegori cukup, pada siklus II dengan kategori baik, (3) hasil tes pada siklus I diperoleh sebanyak 58,8%, dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan diperoleh sebanyak 100% dengan kategori sangat baik dengan jumlah siswa yang tuntas 17 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan nilai 85. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS rendah karena kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan. Pelaksanaan penerapan model game based learning pada Tema aku dan keluargaku dikatakan berhasil dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas II Kolonel Abundjani  Sekolah Dasar Alam Muara Bungo.