Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Accelerated Learning Berbantuan Teori Multiple Intelligences

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa masih rendah. Agar permasalahan tersebut dapat di atasi diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Oleh karena itu, dipilih model pembelajaran accelerated learning berbantuan teori multiple intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkataan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian dilakukan pada dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran model accelareted learning berbantuan teori multiple intelligences, sedangkan kelompok kontrol merupakan kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran accelerated learning berbasis teori mutiple intelligences lebih baik secara signifikan daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.