Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat dalam Meningkatkan Animo Masyarakat di Kuala Tungkal
Abstract
Penelitian ini bertujuan Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan yang ada di Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat. Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui mengenai strategi pemasaran yang digunakan oleh Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat. Penelitian ini di muat dalam bentuk deskriptif kualitatif, yang menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Berdasarkan temuan penulis, dalam melakukan pemasarannya, Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat menggunakan strategi meliputi unsur 5 P yaitu produk (product), yaitu dari segi Tahfidz, Kedisiplianan, Adab budi pekerti dan Program salafi , harga (price), yaitu dengan harga yang masih standard rata-rata di pasaran, lokasi (place), Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat sendiri memiliki lokasi yang strategis, orang (people), memiliki sumber daya manusia (guru, dan staf) yang berkompeten di bidangnya masing-masing, serta promosi (promotion), yaitu dilakukan dengan menggunakan penyebaran brosur, kalender, dan pamflet. Faktor pendukung dalam melakukan pemasarannya yaitu berupa promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut oleh para orang tua beserta kepala madrasah diangkat menjadi bupati Tanjung Jabung Barat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sarana – prasarana yang didalamnya terdapat kekurangan beserta masih adanya siswa yang terpaksa untuk sekolah sehingga tidak sampai selesai. Keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Al-Baqiyatush Shalihat dibuktikan dengan meningkatnya pendaftran setiap tahun terhadap animo masyarakat di madrasah tersebut.