Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur dan Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Ahmad Dahlan Kota Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi jujur dan disiplin siswa, hambatan dan strategi guru PAI dalam membentuk karakter jujur dan disiplin siswa di sekolah menengah pertama ahmad dahlan kota jambi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMP Ahmad Dahlan Jambi dengan subyek penelitian guru dan siswa sebagai responden utama. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kondisi jujur dan disiplin siswa di SMP Ahmad Dahlan Jambi terkatagori banyak yang masih rendah karena semua siswa yang sudah diminta infomasi mengatakan semua pernah melakukan berbohong dan melanggar peraturan tata tertib, baik dengan guru maupun dengan siswa lainnya selama di lingkungan sekolah. Adapun hambatannya yaitu kurangnya pro-aktif serta konstribusi siswa dalam pembuatan peraturan tata tertib sekolah. Kemudian, Strategi-strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk karakter siswa yaitu guru PAI menerapkan sikap tegas, disiplin dan jujur kepada siswa selama didalam kelas agar siswa terbiasa dengan sikap tersebut dan akhir menjadi karakter siswa serta guru PAI juga menerapkan dalam kegiatan ekstrakulikuler, seperti dalam kegiatan OSIS, PMR, pramuka, olahraga, membaca yasin setiap hari jum’at, dan membaca ayat-ayat pendek setiap setelah sholah zuhur. Tujuan dilakukan dari kegiatan tersebut adalah untuk membentuk karakter jujur dan disiplin siswa serta mengembangkan minat, bakat, skill yang ada pada diri siswa masing-masing. Kesimpulannya dari hasil penelitian ini agar dapat menjadi pertimbangan pihak sekolah untuk membuat pedoman serta tolak ukur yang detail tentang nilai-nilai karakter jujur dan disiplin yang dapat dikembangkan dan diterapkan di sekolah SMP Ahmad Dahlan Jambi.