KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK (Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Barat)

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan bagian dari ajaran pendidikan Islam. Padahal kita ketahui bersama bahwa negara Indonesia sebagian besar beragama Islam. Dengan pendidikan akhlak yang baik ini diharapkan nilai-nilai ajaran pendidikan Islam dapat ditanamkan dan dilaksanakan di negara Indonesia ini. Pendidikan akhlak yang baik akan menghantarkan pelakunya menjadi manusia yang berakhlak mulia di berbagai lini kehipan. Karena begitu pentingnya pendidikan akhlak ini maka perlu dikaji ulang dan dikomparasikan dengan pemikiran tokoh Barat. Artikel ini membahas tentang bagaimana konsep pendidikan akhlak dalam perspektif al Ghazali yang dikomparasikan dengan pemikiran tokoh Barat. Kajian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang konsep pendidikan akhlak yang dikaitkan dengan pendidikan Islam yang ada pada masa sekarang. Hasil dari kajian artikel tersebut menunjukkan bahwa Imam al Ghazali merupakan Ulama besar yang hidup di masanya dengan semangat mencari ilmu yang sangat tinggi. Ini semua dibuktikan dengan adanya karangan kitab-kitab beliau yang diterjemahkan dalam berbagai bahasa. Pendidikan akhlak adalah usaha yang dilakukan secara sadar untuk membimbing dan mengarahkan kehendak seseorang untuk mencapai tingkah laku yang mulia dan menjadikannya sebagai kebiasaan. Sedangkan menurut tokoh Barat akhlak identik dengan moral, susila dan etika. Dimana kurang memperhatikan esensi dan akibat dari perbuatan yang dilakukan. Sehingga dapat dikatakan bahwa orang yang beretika baik walaupun bertentangan dengan syariat Islam dianggap telah melakukan perbuatan baik. Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Al-Ghazali, Barat.