PELAKSANAAN BAI’ AL-MURABAHAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG JAMBI

Abstract

Penelitian ini berkaitan erat dengan minat nasabah terhadap produk Bai’ almurabahah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi. Kajian utama dalam pembahasan Penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pelaksanaan Bai’ al-murabahah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi, Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tingginya minat nasabah terhadap produk Bai’ al-murabahah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi serta Hubungan Antara Keunggulan Produk dengan Minat nasabah menggunakan produk Bai’ al-murabahah. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua desain yaitu, Desain Deskriptif analisis dan desain kuantitatif. Masing-masing desain tersebut untuk menyajikan gambaran yang terstruktur dan akurat tentang data-data yang diteliti dan untuk meneliti hubungan kausalitas antar variabel yang diteliti melalui pengujian hipotesis penelitian. Temuan Penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Bai’ al-murabahah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi sesuai dengan prinsip syariah, Faktor penyebab tingginya minat nasabah terhadap Bai’ al-murabahah adalah keunggulan produk dari segi jenis pembiayaan merupakan pembiayaan konsumtif, dari segi proses yaitu prosesnya mudah dan dari segi jangka waktu yaitu jangka waktunya lebih panjang, temuan setelah uji statistic yaitu secara bersama-sama faktor yang dapat mendorong peningkatan minat nasabah terhadap Bai’ al-murabahah adalah pembiayaan konsumtif, prosesnya mudah dan jangka waktunya lebih panjang. Pengujian secara individu variabel Xi menunjukkan bahwa variabel pembiayaan konsumtif menunjukkan pengaruh negative atau tidak signifkan untuk mendorong minat nasabah menggunakan produk Bai’ al-murabahah. Secara parsial variabel pembiayaan konsumtif, prosesnya mudah dan jangka waktunya lebih panjang berpengaruh secara signifkan mendorong minat nasabah terhadap produk Bai’ al-murabahah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Jambi. Dari Ketiga variabel yang diteliti ternyata variabel yang dominan berpengaruh adalah variabel proses (X2). Hal ini terlihat dari koefsien regresi yang tertinggi. Kata Kunci : Bai' Al-Murabahah, Bank Syari’ah, Ekonomi Islam