PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SEKOLAH UNGGULAN (Studi Pada SMPN 2 Kota Bandar Lampung)

Abstract

Banyak guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang mengeluhkan terkait waktu pembelajaran yang hanya 2 jam perminggu, sementara standar kompetensi yang harus dicapai menumbuhkembangkan potensi peserta didik sebagai makhluq Allah sekaligus khalifah dibumi terasa begitu berat. Sebagai imbas dari kebijakan itu, mengundang inisiatif guru PAI untuk mengembangkan kurikulum dengan menciptakan model pembelajaran yang efektif dan efsien. Tulisan ini menyajikan pola pengembangan kurikulum PAI di SMPN 2 Kota Bandar Lampung. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil analisa data secara induktif dapat diketahui pola pembelajaran PAI di SMPN 2 Bandar Lampung secara formal 2 jam per minggu per rombongan belajar, namun dalam implementasinya dikembangkan menjadi tiga model pembelajaran ; pembelajaran kontekstual, pembelajaran integral dan pembelajaran progresif. Implikasi dari ketiga model tersebut mampu membentuk sosok peserta didik yang memiliki karakter, watak dan kepribadian serta prestasi yang disertai prestise dengan landasan keimanan dan ketakwaan serta nilai-nilai akhlak atau budi pekerti. Kata Kunci : Pengembangan Kurikulum, PAI, Implikasi dan SMPN 2