MADRASAH NIZAMIYAH (Kajian Tentang Lembaga dan Kurikulum Pendidikan Islam)

Abstract

Kajian tentang madrasah yang dikaitkan dengan aspek sosial bisa dikatakan masih kurang, padahal eksistensi madrasah baik pada abad klasik sampai abad XXI tidak jauh beda. Dinamika madrasah yang tumbuh dan berakar dari kultur masyarakat stempat tidak akan luput dari dinamika dan peradaban masyarakat (change of society). Tidak salah kalau banyak yang mensinyalir kalau madrasah tumbuh dan berkembang dari bawah ke atas. Sejak kejayaan pemerintah Abbasiyah sampai munculnya pemerintahan Bani Saljuq, masyarakat Islam selalu diselimuti dan diwarnai oleh pertikaian, ekspansi dan peperangan. Lalu dalam kondisi yang seperti ini bagaimana mungkin sebuah institusi pendidikan (madrasah) dapat eksis, bahkan menjadi prototype pendidikan Islam, bagaimana tradisi keilmuan bisa berkembang, dan bagaimana intelaktual Islam bisa lahir melalui karya spektakuler yang mengagumkan. Kata Kunci: Madrasah Nizamiyah, Kurikulum, Pendidikan Islam