URGENCI KESEIMBANGAN IQ, EQ, SQ PENDIDIK DALAM PROSES MANAJEMEN PEMBELAJARAN

Abstract

Tujuan pembelajaran akan berhasil dengan baik, jika pendidik dapat menerapkan suatu kecerdasan baik IQ, EQ, SQ ini yang dari Allah SWT sebagai potensi untuk manusia yang harus diperankan secara seimbang, namun kenyataan selama ini kecerdasan tersebut hanya didominasi IQ saja, tanpa harus diprakarsai atau melibatkan kecerdasan lainnya EQ, SQ sebagai kecerdasan yang sangat memberikan peluang yang besar untuk menjadi sukses dalam masyarakat dan dunia pendidikan tentunya, karena kecerdasan emosional ini menurut hasil dan penelitian para ahli psikologi dan praktisi, mereka menjalani dan mencontohkan orang yang sukses di dunia kerja ternyata tidak hanya dilihat kemampuan IQ saja, dan seorang pendidik harus mampu mengendalikan emosi dan perasaan dirinya dengan orang lain, ketika berempati dan bersosialisasi, berkomunikasi, humanis sehingga ia dapat mengambil sebuah pembelajaran hikmah dan kebermaknaan dalam sikap dan tindakan. Tetapi kecerdasan imosional bukanlah segala-galanya juga yang membuat seseorang sukses tentunya pendidik disini, karena kecerdasan imosional tanpa melibatkan fungsi Kecerdasan Spiritual (SQ) dalam diri seseorang akan menakutkan, dan SQ inilah sebagai pembimbing dan pengindai radar hati agar tindakan dari sikap bisa dilakukan lebih arif dan bijaksana untuk mengarahkan kepada kebenaran Illahiah yang berfungsi pada suara hatinya. Ketika emosi seorang berjalan baik maka suara hati spiritual hatinya hidup dan terbuka menerima kebenaran, dan terlepas dari kebelengguan dan arogan serta kemarahan, disinilah kesadaran yang harus dimiliki oleh seorang pendidik untuk menyeimbangkan pentingnya IQ, EQ, SQ dalam proses memanege pembelajaran sebagai guru yang cerdas dan professional. Kata Kunci : Urgency IQ, EQ, SQ dalam proses manajemen pembelajaran