PEMBENTUKAN KARAKTER PRIBADI MUSLIM (Studi Kasus Pada Siswa Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ad-Dhuha Dusun Purwasari Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo)

Abstract

Tujuan pendidikan prasekolah yaitu membantu anak didik mengembangkan  berbagai  potensi  baik  psikis  dan  fisik  yang  meliputi moral dan nilai-nilai agama, emosi sosial, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian, dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar. Perkembangan moral dan nilai-nilai agama berhubungan dengan pembentukan karakter anak. Perkembangan moral dan nilai-nilai agama yang baik adalah penting dalam kesuksesan belajar anak dalam pembentukan karakter anak. Pembentukan karakter pribadi muslim sejak dini pada anak dapat melalui penerapan nilai-nilai agama yang sejalan dengan berkembangnya interaksi anak dengan lingkungannya. Taman Kanak-kanak sebagai lingkungan sosialisasi ke dua bagi anak usia 4-6 tahun adalah tempat di mana anak belajar berinteraksi dengan teman-teman sebayanya serta orang dewasa di luar rumah, dari interaksi tersebut anak mengalami berbagai macam pengetahuan dan perilaku positif serta negatif. Pengalaman-pengalaman perilaku yang anak peroleh ketika berinteraksi di sekolah akan lebih kaya dan bervariasi dibanding dengan pengalaman-pengalaman perilaku yang anak alami di rumah karena anak berinteraksi dengan lebih banyak orang, baik teman yang sebaya dengannya, maupun orang yang lebih tua (misalnya guru), dan yang lebih muda dari anak. Dalam hal ini, sekolah, sebagai tempat merangsang pertumbuhan anak selain di rumah, berperan penting dalam mengoptimalisasi perkembangan moral dan nilai-nilai agama anak di taman kanak-kanak sesuai dengan tahapan usianya. Tulisan ini menyajikan bagaimana pembentukan karakter pribadi muslim yang ditanamkan sejak dini pada siswa TK Islam Terpadu AD-DHUHA Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Kata Kunci :   Pembentukan Karakter, Muslim, Usia Dini, dan TK Islam Terpadu AD-DHUHA