MODEL PEMBELAJARAN PENGALAMAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Abstract

ne"> Tulisan ini mendiskipsikan bagaimana materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di sekolah, yang merupakan implementasi perdana khususnya SMPN 3 Tuban berdasarkan Kurikulum 2013, bisa dicerna, mendapat respon positif dan diamalkan dengan baik, dengan menggunakan Model Pembelajaran Pengalaman Langsung (MPPL). Penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk experiment dua grup, dan teknik pengumpulan data berupa (1) observasi, (2) tes tulis, (3) praktek dan (4) angket, yang berupa (1) data hasil aplikasi MPPL, (2) hasil belajar siswa, dan (3) data pengaruh MPPL terhadap peningkatan hasil Pendidikan Agama Islam. Langkah- langkah penganalisaan data yang dilakukan secara kuantitatif, meliputi: (1) identifikasi (2) pensekoran, (3) Penentuan pengaruh dengan “Test” ( sign test) menggunakan perhitungan SPSS 16. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa serta tercapainya tujuan pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, model pembelajaran pengalaman langsung bisa dijadikan alternatif. Kata Kunci: Model pembelajaran pengalaman langsung, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti.