PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI MEANINGFUL LEARNING DISERTAI PETA KONSEP PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI SMA
Abstract
Biologi sebagai salah satu bidang studi yang menantang siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan serta membangun pemahaman konsep. Pembelajaran yang berorientasi pada pemahaman konsep merupakan pembelajaran yang bermakna. Ciri pembelajaran bermakna yaitu menekankan pada keterlibatan siswa dalam belajar. Guru dapat merancang pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar lebih aktif, salah satunya dengan penggunaan modul. Pada SMAN 2 Padang Panjang guru belum berupaya mengembangkan modul yang dapat membantu siswa memahami konsep materi secara bermakna khususnya pada materi sistem peredaran darah. Pengembangan modul menggunakan model 4-D yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba produk yang dikembangkan. Uji coba secara terbatas dilakukan pada siswa kelas XI I.A 3 SMA Negeri 2 Padang Panjang Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata dari validator ahli dan validator praktisi yaitu 3,58 dengan kategori sangat valid. RPP yang dikembangkan mendapat skor rata-rata 3,59 dengan kategori sangat valid, dan soal evaluasi yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat baik. Praktikalitas modul diketahui dari keterlaksanaan RPP dengan skor rata-rata yang diperoleh adalah 3,71 dalam kategori sangat baik, respon guru terhadap praktikalitas modul memperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kategori sesuai dan respon siswa terhadap praktikalitas modul memperoleh skor rata-rata 3,38 dengan kategori sesuai. Efektifitas modul diketahui dari aktifitas siswa yang mencapai persentase 68% dengan kategori tinggi dan hasil belajar yang diperoleh mencapai kriteria ketuntasan klasikal 79% Kata Kunci: Modul Pembelajaran Biologi, Meaningful Learning, Peta Konsep, Materi Sistem Peredaran Darah