PENGARUH PELATIHAN PROFESI, BESARAN KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NURUL KHOIRIYAH KECAMATAN PELEPAT KABUPATEN BUNGO

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh pelatihan profesi, besaran kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Khoiriyah Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penghitungan data angket menggunakan alat bantu SPSS20, dengan hasil penelitian: (1) Kegiatan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Pengaruh kegiatan pelatihan bermakna terhadap kepuasan kerja dan berhubungan positif dimana semakin tinggi persepsi positif guru terhadap metode pelatihan yang diikuti maka akan semakin tinggi pula kepuasan kerja guru tersebut; (2) Kegiatan pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Artinya kinerja guru dapat dijelaskan secara langsung oleh persepsi guru terhadap pelatihan yang diikuti guru; (3) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja guru.Artinya kompensasi berpengaruh secara bermakna terhadap kepuasan kerja guru. Hubungan dua variabel ini juga positif dimana semakin tinggi kompensasi yang diterima guru maka akan semakin tinggi pula kepuasan kerja yang dirasakan guru; (4) Kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Artinya kompensasi berpengaruh secara bermakna terhadap kinerja guru. Kompensasi dan kinerja guru berhubungan positif yang artinya semakin tinggi kompensasi yang dirasakan guru maka semakin tinggi pula kinerja guru; (5) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Artinya kepuasan kerja berpengaruh secara bermakna terhadap kinerja guru.Kepuasan kerja dan kinerja guru berhubungan positif yang artinya semakin tinggi kepuasan kerja guru maka semakin tinggi pula kinerja guru. Kata Kunci: Pelatihan, Kompensasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru