PERANAN PONDOK PESANTREN AL-IKHLAS SUNGAI ARANG KECAMATAN BUNGO DANI KABUPATEN BUNGO DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Artikel ilmiah ini membahas peranan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Sungai Arang Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo dalam meningkatkan mutu pendidikan serta kendala dan upaya yang dihadapi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Sungai Arang Kecamatan Bungo Dani Kabupaten Bungo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Sungai Arang dalam meningkatkan mutu pendidikan antara lain menerapkan Disiplin Santri, Menertibkan dalam proses belajar mengajar, mengadakan razia terhadap santri paling kurang 2 kali dalam sebulan yang dilakukan oleh wali kelas beserta guru terhadap siswa yang membawa rokok ataupun yang membawa dan menghidupkan HP dalam hal-hal yang menghalangi pada waktu belajar, dan guru belum memiliki kompetensi pedagogik yaitu pengajar, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian secara utuh. Dengan adanya hasil penelitian ini, maka perlu adanya jalinan kerja sama antara guru dan pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Sungai Arang dan orang tua, sehingga santri diharapkan mampu menerapkan dan mengembangkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupannya sehari-hari. besarnya tanggung jawab guru selaku orang yang mampu memberikan teladan kepada santri selayaknya guru mampu menularkannya kepada santri sehingga pendidikan yang baik dan terarah dapat menjadi salah satu langkah dalam membentuk kepribadian santri menjadi kepribadian yang Islami.  Kata kunci: Peranan Pondok pesantren, Mutu Pendidikan