IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING VIDEO AT FIRST SEMESTER OF COMMUNICATION AND ISLAMIC BROADCASTING STUDENTS OF STAI YASNI MUARA BUNGO

Abstract

  Berbicara (speaking) merupakan salah satu aspek penting yang harus dikuasai oleh siswa. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan selama mengajar, permasalahan yang dihadapi sebagian besar mahasiswa pada Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) adalah banyaknya mahasiswa yang mendapat nilai yang tidak memuaskan. Masalah ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya siswa kurang mempunyai pengetahuan Bahasa Inggris secara baik, sehingga sulit mengekspresikan ide lewat komunikasi berbahasa Inggris. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini untuk menerangkan seberapa jauh strategi menggunakan video bisa meningkatkan ketrampilan menerangkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan ketrampilan berbicara mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 kali pertemuan. Penelitian ini adalah siswa mahasiswa semester satu pada Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara dan setiap akhir siklus diberikan test. Dalam mengumpulkan data peneliti dibantu oleh seorang dosen Bahasa Inggris sebagai kollaborator. Temuan dalam  penelitian ini menunjukan bahwa ketrampilan berbicara meningkat setelah menggunakan video. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni, materi, media, aktivitas kelas, pengelolaan kelas, strategi guru dan pendekatan guru. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan video mampu meningkatkan ketrampilan berbicara mahasiswa pada semester satu Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) STAI Yasni Muara Bungo.   Kata Kunci : Video, Peningkatan, Ketrampilan Berbicara