STUDI KOMPARATIF IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD, NHT DAN JIGSAW TERHADAP AKTIFITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH MATERI IPA SD/MI PGMI SEMESTER II TH AJ 2017-2018 STAI YASNI MUARA BUNGO
Abstract
 Orientasi pembelajaran khususnya diperguruan tinggi tentunya lebih mengedepankan aktifitas maupun partisipasi mahasiswa, mengingat mereka pada usia ini telah dapat mengembangkan pemikiran logis, kritis dan kreatif. Namun demikian pembelajaran yang kurang mengoptimalkan kompetensi setiap individu menyebabkan sebagian besar tidak dapat mengkonstruksi pengetahuan dan tidak memperoleh pengalaman belajar. Belajar merupakan hubungan timbal balik dan fungsional antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, serta kelompok dan kelompok. Keterlibatan dengan orang lain membuka kesempatan bagi peserta didik untuk mengevaluasi dan memperbaiki pemahaman mereka saat mereka bertemu dengan pemikiran orang lain dan saat mereka berpartisipasi dalam pencarian pemahaman bersama. Hal ini dapat diwujudkan salah satunya dengan implementasi model pembelajaran kooperatif (cooperatif learning) yang merupakan strategi belajar dengan membentuk beberapa kelompok kecil dalam keragaman tingkat kemampuan dan bekerja sama serta saling membantu untuk memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan aktifitas pembelajaran pada implementasi berbagai jenis model pembelajaran kooperatif yaitu model Students Team Achievment Division (STAD), Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw. Metode Penelitian berupa squasi-experimental research atau penelitian eksperimen semu yang mengadakan perlakuan terhadap variabel penelitian (variabel bebas) dan kemudian mengamati konsekuensi perlakuan tersebut terhadap objek penelitian (variabel terikat) namun tidak dengan manipulasi yang ketat layaknya eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi serta angket/kuesioner yang dapat disusun dalam bentuk pernyataan tertutup maupun terbuka. Analisis data secara kualitatif dengan mendeskripsikan hasil observasi aktifitas pembelajaran yang telah dikelompokkan dalam ratio perbandingan aktifitas yang tinggi (T), sedang (S) dan rendah (R) serta analisis kualitatif pada kuesioner skala likert yang dikonversi hingga derajat pencapaian.  Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, NHT, Jigsaw dan Aktifitas Pembelajaran