Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas Tinggi yang Berbahasa Ibu Bahasa Batak
Abstract
Salah satu tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan jenis kesalahan sintaksis yang terjadi pada kalimat tunggal dalam karangan deskripsi yang ditulis oleh siswa yang memenuhi standar akademik tinggi, dan (2) menjelaskan jenis kesalahan sintaksis yang terjadi pada kalimat majemuk yang ditulis oleh siswa yang memenuhi standar akademik tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas tinggi yang berbahasa ibu Batak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalimat tunggal dan majemuk bahasa Indonesia yang melanggar bahasa pada tataran sintaksis dalam karangan bebas mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa 13 dari 18 siswa, atau 72 persen dari siswa, melakukan kesalahan dalam karangannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas tinggi yang berbahasa ibu Batak melakukan kesalahan sintaksis pada satu kalimat tunggal. Kesalahan sintaksis tersebut adalah (1) kalimat yang tidak gramatikal, (2) kalimat yang tidak padu, (3) kalimat yang tidak efektif, dan (4) kalimat yang dipengaruhi oleh bahasa Batak. Kesalahan sintaksis pada kalimat majemuk setara adalah (1) kalimat majemuk setara yang tidak gramatikal, (2) kalimat majemuk setara yang tidak padu, dan (3) kalimat majemuk setara yang tidak efektif, dan (4) kalimat majemuk setara. Kata kunci: kesalahan sintaksis, karangan bahasa Indonesia, bahasa ibu bahasa Batak