Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengantisipasi Penggunaan Media Sosial Dikalangan Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Negeri Kota Subulussalam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikam eksistensi media sosial terhadap perilaku siswa dan faktor-faktor penghambat guru PAI dalam mengantisipasi dampak media sosial di SD Negeri Kota Subulussalam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, sosiologis, dan teologis normatif. Sumber data yaitu data primer bersumber dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa melalui wawancara, sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peran guru pendidikan agama dalam mengantisipasi dampak penggunaan media sosial bagi peserta Didik SD Negeri Kota Subulussalam: 1) Siswa SD Negeri Kota Subulussalam Utara memanfaatkan media sosial sebagai ajang untuk menunjukkan keberadaan dirinya kepada dunia luar. Setiap orang berlomba-lomba untuk menampilkan dan membuat branding tentang dirinya kepada dunia luar. Tidak jarang pula bahkan seseorang bisa bertindak berlebihan untuk sekedar menunjukan eksistensi dirinya kepada orang lain. 2) Adapun yang menjadi penghambat guru PAI dalam mengantisipasi dampak media sosial di SD Negeri Kota Subulussalam yaitu kurang kerja sama guru dan orang tua dalam mengantisipasi penggunaan media sosial. Lingkungan masyarakat (pergaulan) pergaulan dari siswa di luar sekolah juga sangat berpengaruh besar terhadap tingkah laku dan perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kurang efektifnya peraturan yang dibuat sekolah