Etika Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidik: Studi Komparatif Az-Zarnuji dan Hasyim Asyari
Abstract
Berbicara mengenai etika dalam pendidikan, tidak akan terlepas dari Guru Seperti halnya Az-Zarnuji dan Hasyim Asy?ari menyampaikan bahwa etika Guru mempengaruhi terhadap mutu pendidikan. Berkaitan tentang etika guru, penjelasannya telah dimuat dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan ?d?b al-‘?lim wa al-muta‘allim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui etika guru menurut Az-Zarnuji dan Hasyim Asy?ari dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan ?d?b al-‘?lim wa al-muta‘allim, dalam meningkatkan mutu pendidik. Jenis penelitian berupa kepustakaan dan lapangan. Kepustakaan sebagai dasar dengan literasi (dokumentasi) utama berupa kitab Ta’lim wal Muta’alim dan kitab ?d?b al-‘?lim wa al-muta‘allim. Metode analisis data dengan Analisis isi (content analysis) atau kajian isi. Hasil penelitian menunjukkan Guru yang beretika dan bermutu menurut al-Zarnuji adalah sosok yang memiliki kepandaian (alim), menjaga kebersihan hati (wira’i), lebih berpengalaman dalam hal pendidikan, memiliki jiwa keshalehan tinggi, baik sosial maupun spiritual dan penyabar, menurut Hasyim Asyari guru yang beretika dan bermutu yang lebih menekankan pada kepribadiaan guru yang berkarakter religius dan menekankan pada jalan kesufian meliputi sikap zuhud, wara’, sakinah, dan khusyuk kepada Allah. Impelmentasi Mutu pendidik menurut Az-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari tidak secara instant dapat membentuk Mutu Pendidik yang diinginkan, karena Mutu Pendidik itu tidak dapat dikembangkan secara cepat dan segera, perlu adanya tahapan-tahapan dan proses yang panjang, cermat dan sistematik