Model Project Based Learning terhadap Learning Plateau Mata Pelajaran Lintas Minat Era Merdeka Belajar
Abstract
Model pembelajaran di era merdeka belajar adalah Project Based Learning (PjBL) fokus pada proyek dan melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran lintas minat perlu diwaspadai ditambah tugas yang berlebih (courseload) sehingga merasa jenuh. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui pengaruh PjBL terhadap Learning Plateau mata pelajaran lintas minat era merdeka belajar. Desain penelitian adalah eksperimen Posttest Only Design. Populasinya 4 kelas XI IPS dengan jumlah 124 siswa. Sampelnya secara cluster random sampling, berjumlah 62 siswa. Instrumen adalah skala Learning Plateau. Hasil Uji Hipotesis menunjukkan ada perbedaan signifikan Learning Plateau antara eksperimen dengan kontrol. Memiliki pengaruh Model PjBL terhadap Learning Plateau sebesar 5,99%. Learning Plateau Eksperimen lebih rendah daripada kontrol, menunjukkan hipotesis penelitian terbukti/diterima. Uji Mann Whitney U Test, menunjukkan ada perbedaan signifikan prestasi belajar Fisika antara eksperimen dengan kontrol. Nilai Fisika eksperimen lebih tinggi dari kontrol, artinya Model PjBL berpengaruh terhadap prestasi belajar Fisika siswa.Kata kunci: Kejenuhan Belajar, Model Project Based Learning, Lintas Minat