Pengembangan Keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning Anak Kelompok A TK Bina Kalam Desa Klompang Barat Kecamatan Pakong

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang dituju bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut pada umumnya. Adapun Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pengembangan keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning anak 2) Untuk mengetahui pengembangan Keterampilan Berbahasa melalui Pendekatan Active Learning anak 3) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangna keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. Metode penelitian menggunakan Metode Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Guru di TK Bina Kalam. Data yang diperoleh yaitu dengan cara metode Observasi (Pengamatan), Wawancara dan Dokumentasi. subjek dalam penelitian ini adalah Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini yaitu dengan cara guru memberikan Stimulus terlebih dahulu pada anak, guru memiliki peran penting dalam pengembangan keterampilan berbahasa anak yaitu mendidik anak, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan bahkan sambil memotivasi anak untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak.   Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa; Pendekatan Active Learning ABSTRACT: Early Childhood Education (PAUD) is a level of education before basic education which is a coaching effort aimed at children from birth to the age of 6 years which is carried out by providing educational stimuli to help physical and spiritual growth and development so that children have readiness in enter further education in general. The objectives of this research are: 1) To find out the process of implementing learning carried out by teachers in developing language skills through a child's Active Learning Approach 2) To determine the development of language skills through a child's Active Learning approach 3) To find out the supporting factors and inhibiting factors in developing skills Early Childhood Language. The research method uses a qualitative method with a descriptive type of research. The source of data in this study is the teacher at Bina Kalam Kindergarten. The data obtained is by means of Observation (Observation), Interview and Documentation methods. the subject in this study is the child. The results showed that the development of language skills for early childhood is by giving the teacher a stimulus first, the teacher has an important role in developing children's language skills, namely educating children, teaching, guiding, training, directing and even motivating children to improve language development in their early childhood. child.   Keywords: Language Skills; Active Learning Approach