Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada Pendidikan Anak Usia Dini atau yang lebih dikenal dengan istilah PAUD. Metode Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk merupakan salah satu alternatif solusi dalam memberikan penyelenggaraan layanan pendidikan yang berkualitas baik kepada anak usia dini. Dalam praktiknya, pendidik pada PAUD harus peka terhadap peserta didik yang diampunya. Hal ini dikarenakan setiap peserta didik membutuhkan stimulus untuk membangkitkan kecerdasan yang dikaruniakan Tuhan kepada dirinya. Kecerdasan bukanlah sesuatu yang bersifat tetap. Kecerdasan merupakan kumpulan kemampuan atau ketrampilan yang dapat ditumbuhkan dan dikembangkan. Kecerdasan adalah kemampuan untuk memecahkan suatu masalah; kemampuan untuk menciptakan masalah baru untuk dipecahkan; kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau menawarkan suatu pelayanan yang berharga dalam suatu kebudayaan masyarakat. Tidak ada anak yang bodoh atau pintar, yang ada adalah anak yang menonjol dalam salah satu atau beberapa jenis kecerdasan. Melalui pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, pendidik mempelajari kekuatan/kelemahan peserta didik dan memberikan peluang untuk belajar melalui kelebihan-kelebihannya. Sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dunia, bekerja dengan keterampilan sendiri dan dapat mengembangkan kemampuannya sendiri.