Pendidikan Karakter Religius Anak Usia Dini di Era Digital dalam Perspektif Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan keresahan tentang akhlak atau perilaku anak usia dini di era digital. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak positif dan negatif. Penelitian ini menggunakan metode library reseach.  Penelitian ini terdiri dari identifikasi masalah secara sistematis, analisis dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kajian tentang pendidikan karakter religius prespektif Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan normative. Anak-anak yang mempunyai dasar pendidikan karakter religius yang kuat diharapkan tidak mudah terbawa oleh arus negatif perkembangan teknologi. Allah telah berfirman dalam surat Al Hujarat ayat 11-13. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah melarang orang menggunjing, menghina dan mencela satu sama lain. Penanaman pendidikan karakter dapat menggunakan metode pembiasaan dan metode keteladanan. Dengan penanaman pendidikan karakter religius sejak dini diharapkan anak-anak mampu menghadapi tantangan di era 4.0.