Penggunaan Media Gambar Huruf Abjad Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Abstract

Media gambar huruf abjad merupakan  sebuah media yang dibuat dari kertas karton dan di tempel dengan beragam bentuk huruf abjad sehingga memberikan nuansa yang menarik bagi anak usia dini sedangkan  perkembangan bahasa yaitu kemampuan mengungkapkan sesuatu melalui mendengarkan dan memahami bahasa yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar huruf abjad untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan bahasa dengan menggunakan media gambar huruf abjad pada prasiklus prosentase 20%, kemudian pada siklus I pertemuan pertama menjadi 30%, kemudian di siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 30% dengan jumlah skor yang mulai naik meskipun jumlah prosentasenya sama, kemudian di siklus ke II pertemuan satu meningkat menjadi 50%, dan di siklus yang ke II pertemuan ke dua meningkat menjadi  80% prosentasenya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar huruf abjad dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini.