Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Gawai

Abstract

Literasi di Indonesia yang masih rendah mengharuskan orang tua melek akan berbagai cara dalam meningkatkan minat literasi salah satunya melalui teknologi. Gadget yang merupakan teknologi multimedia dianggap sebagai media audio visual mampu menyentuh banyak indera. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis optimalisasi penggunaan gadget sebagai stimulasi kemampuan literasi anak usia 3-6 tahun. Metode yang digunakan yaitu kualitatif fenomenologis menggambarkan perasaan pengalaman beberapa Ibu yang berada di Kabupaten Kudus tentang konsep pengoptimalisasi kemampuan literasi melalui teknologi gadget. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan gadget dengan menontonkan video edukatif interaktif mampu menambah perbendaharaan kata pada anak. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwasanya melalui pemberian aplikasi edukatif berupa puzzle huruf, angka, simbol, serta tontonan video interaktif melalui gadget dapat menambah perbendaharaan kata dan pengetahuan baru bagi anak sehingga dalam penerimaanya lebih menarik dan mencapai tujuan yang diharapkan. Selain itu, stimulasi yang tepat melalui teknologi gadget dapat mengoptimalisasi kemampuan literasi anak.