Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak

Abstract

Orang tua adalah orang yang bertanggung jawab utama dalam pendidikan anak-anak nya. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan pada tahun 2021 terdapat sebanyak 3.172.498 atau sebesar 4,79 persen keluarga yang ada di Indonesia telah mengalami konflik broken home atau orang tuanya tidak memperdulikan bagaimana tentang anaknya termasuk dalam hal pendidikan. Hal tersebut tentunya mempengaruhi  perkembangan dalam belajar dan perilaku anak. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan semangat belajar anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan  Hasil dari penelitian ini adalah orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan semangat belajar seorang anak, mulai dari anak usia dini, sampai anak sudah beranjak dewasa. Salah satu cara untuk menjadikan anak semangat belajar adalah orang tua memfasilitasi kebutuhan anak untuk mengembangkan potensi dalam pendidikan.