Pengembangan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini meliputi proses manajemen sarana dan prasarana yang terdiri dari perencanaan kebutuhan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, penghapusan, dan pengawasan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan dilakukan dengan cara analisis kebutuhan yang dilakukan dengan cara menampung semua usulan pendidik, tenaga pendidik dan wali murid yang dilakukan melaui rapat setiap semester. (2) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dari pencairan dana BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) Pendidikan Anak Usia Dini. (3) Inventarisasi dilakukan pencatatan barang setiap penerimaan sarana dan prasarana namun, dalam proses pencatatan kurang memperhatikan tata cara penulisan dalam buku inventarisasi. (4). Penyimpanan sarana dan prasarana tidak dibuatkan daftar nama barang namun, sarana dan prasarana di PAUD Plamboyan sesuai dengan materi dan karakteristik Anak Usia Dini. (5). Pemeliharaan dilakukan oleh pendidik, dan tenaga pendidik. (6). Penghapusan sarana dan prasarana yang dilakukan di PAUD Plamboyan berupa penimbunan kolam renang dan penghapusan mangkuk putar. (7). Pengawasan sarana dan prasarana di PAUD Plamboyan dilakukan oleh semua pihak seperti pendidik, tenaga pendidik, dan wali murid.