PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA

Abstract

Penelitian merupakan penelitian survei korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh fraud diamond terhadap integritas akademik mahasiswa STABN Sriwijaya. Penelitian ini melibatkan 104 mahasiswa sebagai sampel yang dipilih menggunakan disproportionate stratified random sampling dari 132 populasi mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan angket fraud diamond yang terdiri atas 48 butir pernyataan dengan memuat dimensi tekanan (pressure), peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization), dan kemampuan (capability) serta angket integritas yang terdiri atas 39 butir pernyataan dengan memuat dimensi kejujuran (honesty), kepercayaan (tirust), keadilan (fairness), rasa hormat (riespect), dan tanggung jawab (responsibility). Keseluruhan data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing dimensi fraud diamond berpengaruh negatif terhadap integritas akademik. Demikian halnya secara simultan, dimensi fraud diamond berpengaruh terhadap integritas akademik mahasiswa STABN Sriwijaya sebesar 65,40%, sementara 34,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak menjadi fokus di dalam penelitian ini.