KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN TEKNOLOGI DAN SISTEM INFORMASI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN BUDDHA DI TANGERANG

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah belum dipahaminya kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang. Penelitian juga bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi ke dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang yang berjumlah 102 orang. Objek penelitian adalah kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes menggunakan kuesioner. Lokasi penelitian yaitu pada Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten dan Sekolah Tinggi Agama Buddha Dharma Widya. Kuesioner menggunakan empat klasifikasi berdasarkan skala Likert. Teknik analisis data dengan teknik statistika deskriptif menggunakan nilai rata-rata (mean) dan standar deviasi. Hasil penelitian menyatakan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang sebesar 77,29%. Interpretasi yang didapat dengan mencari interval skor persen berdasarkan skala Likert menyatakan 77,29% termasuk dalam kategori sangat puas. Tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 14,00% dalam kategori tinggi, 76,00% kategori sedang, dan 10,00% dalam kategori rendah. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan teknologi dan sistem informasi Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha di Tangerang untuk dimensi tangible sebesar 79,73%, dimensi reliability sebesar 76,45%, dimensi responsiveness sebesar 76,94%, dimensi assurance 77,99%, dan untuk dimensi emphaty sebesar 75,32%.