Pengaruh Pemahaman Moderasi Beragama Terhadap Sikap Toleransi dalam Pergaulan Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Swasta Perguruan Buddhi Tangerang Banten

Abstract

Moderasi beragama merupakan salah satu aspek penting yang harusdipahami oleh setiap peserta didik di lingkungan sosial. Moderasi beragamadapat dipahami sebagai jalan tengah di mana seseorang tidak ekstrem kananmaupun ekstrem kiri. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalahbelum diketahuinya pengaruh pemahaman moderasi beragama terhadap sikaptoleransi dalam pergaulan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama SwastaPerguruan Buddhi Tangerang Banten. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh pemahaman moderasi beragama terhadap sikaptoleransi dalam pergaulan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama SwastaPerguruan Buddhi Tangerang Banten.Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif penelitian ExPost Facto. Responden penelitian ini adalah peserta didik kelas VII, VIII, dan IXSMPS Perguruan Buddhi tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 242. Jenispengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionalstrarified random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakanangket yang telah diuji validitas dan reliabilitas yang menggunakan rumusAlpha Cronbach dengan bantuan. Validitas insrumen penelitian inimenggunakan dua jenis validitas yaitu validitas isi dan validitas empiris.Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.Dalam penelitian ini uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu ujinormalitas dan uji linieritas. Hasil uji prasyarat normalitas memperoleh nilaisignifikansi variabel X sebesar 0,281 sedangkan nilai signifikansi variabel Ysebesar 0,011 menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji linieritasmemperoleh nilai probabilitas pengaruh pemahaman moderasi beragamaterhadap sikap toleransi dalam pergaulan peserta didik sebesar 0,344 berartivariabel bebas pada penelitian memiliki pengaruh yang linier dengan variabelterikat. Dari hasil uji prasyarat disimpulkan bahwa data telah memenuhi syaratuntuk dianalisis menggunakan regresi linier sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemahamanmoderasi beragama terhadap sikap toleransi dalam pergaulan peserta didik diSekolah Menengah Pertama Swasta Perguruan Buddhi Tangerang Bantendengan nilai Fhitung sebesar 4615,721 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasilpersamaan regresi linier sederhana yang diperoleh yaitu Y = -23,469 + 1,493.Sumbangan yang diberikan variabel pemahaman moderasi beragama terhadapsikap toleransi dalam pergaulan peserta didik sebesar 96,7% sisanya 3,3%dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.