PENGARUH MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca nyaring dalam aspek lafal, intonasi, penguasaan tanda baca, pemahaman, ekspresi atau sikap peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap Tahun Ajaran 2021/2022 pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1. Sehingga perlunya penggunaan media yang tepat pada saat pembelajaran berupa media cerita bergambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap sebelum diterapkan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021 (2) bagaimana keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap setelah diterapkan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021 (3) bagaimana pengaruh media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema 5 sub tema 1 tahun ajaran 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata keterampilan membaca nyaring peserta didik sebelum menggunakan media cerita bergambar diperoleh hasil 64,5, (2) rata-rata keterampilan membaca nyaring peserta didik setelah menggunakan media cerita bergambar diperoleh hasil 77,8, (3) terdapat perbedaan penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring peserta didik pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1 kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap. Berdasarkan hasil uji t-test nilai signifikasi 0,000 <0,05. Hal ini membuktikan adanya perbedaan penggunaan media cerita bergambar terhadap keterampilan membaca nyaring didik pada tema 5 sub tema 1 pembelajaran 1 kelas III Madrasah Ibitidaiyah Swasta At-Taqwa Sungai Kakap.