Pengembangan Platform MilleaLab Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Materi Haji

Abstract

Dewasa ini pembelajaran dengan penggunaan teknologi merupakan ciri dari pembelajaran abad 21. Pengembangan materi berbasis digital menjadi fenomena yang krusial terhadap pemenuhan kebutuhan pembelajaran. Adapun dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan platform MilleaLab dalam upaya meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi haji. Metode yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development) melalui model Borg & Gall dengan jenis penelitian eksperimen dan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, penyebaran angket, dan tes. Kemudian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa platform MilleaLab merupakan aplikasi pembelajaran yang relevan dengan abad 21, dimana ia tidak hanya sekadar memberikan materi secara teks, akan tetapi, dapat menampilkan materi dalam bentuk gambar, video, audio, icon 3D maupun quiz. Peserta didik diarahkan untuk bersimulasi disana dan dapat merasakan secara langsung (immersive) latihan berhaji di depan Ka’bah melalui mode view 360 dengan bantuan alat VR Box atau tanpa menggunakannya. Nowadays, learning using technology is a characteristic of 21st century learning. The development of digital-based materials is a crucial phenomenon in meeting learning needs. This research aims to develop the MilleaLab platform in an effort to increase students’ understanding of Hajj material. The method used is R&D (Research and Development) method using the Borg & Gall model with an experimental research type and a qualitative-descriptive approach. The data collection technique is carried out through observation, distributing questionnaires and tests. Then, the results of this research show that the MilleaLab platform is a learning application that is relevant to the 21st century, where it does not just provide material in text, but can display material in the form of images, videos, audio, 3D icons or quizzes. Students are directed to simulate there and can experience directly (immersive) the pilgrimage practice in front ot the Kaaba through 360 view mode with the help of the VR box tool or without using it.