Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 3 Jombang

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum fleksibel yang berbasis karakter dan kompetensi sekaligus berbasis kreativitas yang ditetapkan pemerintah mulai tahun 2022/2023 pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Dalam melaksanakan kurikulum merdeka dan kegiatan P5 perlu adanya manajemen kurikulum yang benar. Berdasarkan masalah diatas, penelitian ini mempunyai 4 tujuan. Adapun tujuan-tujuan penelitian adalah 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 3 Jombang. 2). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan merdeka manajemen kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 3 Jombang. 3). Untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 3 Jombang. 4). Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kurikulum merdeka dalam projek penguatan profil pelajar pancasila di SMP Negeri 3 Jombang. Jenis penelitiannya adalah penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Tim Koordinator, dan Tim Fasilitator. Data yang terkumpul untuk observasi data wawancara dianalisis dengan teknik analisis triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: perencanaan P5 di SMP Negeri 3 Jombang dimulai dengan membentuk tim fasilitator dan koordinator, kemudian menentukan tema sesuai dengan tema fase D terdapat tema khusus SMP Negeri 3 Jombang yaitu kearifan lokal dan gaya hidup berkelanjutan. Pelaksanaan P5 menggunakan 3 tema yaitu bhineka tunggal ika, kearifan lokal dan gaya hidup berkelanjutan. Selanjutnya evaluasi di SMP Negeri 3 Jombang dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan menggunakan dua jenis evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.