Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik
Abstract
Manajemen kelas merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan positif. Dengan manajemen kelas yang efektif, peserta didik dapat merasa nyaman, terlibat, dan termotivasi untuk belajar, sehingga menciptakan kondisi yang optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif studi kasus (case study). Studi kasus atau case study adalah suatu kajian yang rinci tentang satu latar, subjek tunggal atau satu tempat penyimpanan dokumen atau suatu peristiwa tertentu atau kasus yang dibatasi secara jelas, baik kasus individu, keluarga ataupun suatu organisasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa: Implementasi Manajemen Kelas di SMPN 2 Sumobito dilaksanakan dengan efektif dan efisien dengan membuat kesepakatan kelas, membuat aturan yang jelas, membuat jadwal pelajaran yang terencana dan teratur agar dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Dan juga dengan memberikan dukungan dan bimbingan yang konsisten kepada peserta didik, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang terstruktur dan positif.